penting

http://www:koperasiprofesional.blogspot.com. Masukan dan saran dalam usaha memajukan koperasi ini, sangat kami nantikan By muhammad leo syahban alkhafi

koperasiprofesional@gmail.com

Kamis, 10 Mei 2012

VISI MISI KSU PROFESIONAL


KOPERASI SERBA USAHA
(KSU)
PROFESIONAL
Desa Talang Leak I Kecamatan Bingin Kuning
Kabupaten Lebong



LATAR BELAKANG PENDIRIAN KOPERASI
        
Koperasi adalah perkumpulan otonom dari orang-orang yang bersatu secara sosial dan budaya melalui perusahaan yang dimiliki bersama dan dikendalikan secara demokratis.

Adanya keinginan  untuk meningkatkan kesejahteraan menuju kehidupan yang lebih layak dengan timbulnya semangat kebersamaan maka tumbuhlah jiwa kemandirian untuk membentuk usaha kompetitif yang dapat mengakomodasi kebutuhan dasar para anggota sehingga diharapkan dapat menambah pendapatan para anggota.

Masa depan yang akan dilalui penuh dengan ketidak pastian, maka perlu persiapan-persiapan dengan menyusun perencanaan agar terhindar akan kehidupan gali lubang tutup lubang.

Semakin tingginya akan tuntutan kebutuhan hidup dan semakin ketatnya  persaingan dalam mencari nafkah maka perlu kekuatan yang besar untuk memenangi persaingan tersebut.

Besarnya keinginan untuk membentuk usaha namun terkendala dengan keterbatasan seperti modal usaha yang kecil,  lemahnya Sumber Daya Manusia, sulitnya mengakses informasi dan teknologi serta sumber-sumber permodalan.

Kultur budaya perekonomian masyarakat yang menganut sistem liberal cenderung memarginalkan kelompok ekonomi masyarakat yang lemah menjadi semakin miskin dan tidak berdaya sehingga selalu menjadi objek.  Lemahnya kepercayaan dari pihak-pihak tertentu akan usaha kecil yang ada didalam masyarakat ekenomi lemah memperparah jurang pemisah dengan kelompok bermodal besar maka perlu dibangun citra yang baik dengan melakukan perberdayaan ekonomi kerakyatan dengan membentuk perusahaan bersama yaitu koperasi.

Munculnya keinginan secara swadaya untuk menuju kemandirian dengan memupuk permodalan secara bersama-sama adalah solusi menuju kesejahteraan serta adanya pembinaan, pemberdayaan dan perhatian yang besar dari pihak pemerintah akan koperasi menjadi modal utama bagi masyarakat ekonomi lemah untuk bangkit dari keterpurukan.





TUJUAN PENDIRIAN KSU PROFESIONAL

         Membentuk jiwa kemandirian secara swadaya dengan cara bergabung bersama dalam membangun perusahaan bersama yang dapat meningkatkan pendapatan sehingga secara tidak langsung memperbaiki kesejahteraan para anggota.

Membangun kepastian untuk jaminan akan kehidupan yang lebih baik dengan jalan berinvestasi dalam perusahaan bersama (Koperasi) sehingga anggota mempunyai aset yang dapat dipergunakan untuk menjalani hari-hari tua serta generasi penerusnya.

Tujuan terbentuknya Koperasi Serba Usaha (KSU) Profesional dalam jangka pendek yaitu terbanngun infrastruktur permodalan yang kuat sehingga para anggota secara tidak langsung akan membentuk unit-unit usaha yang produktif; sedangkan tujuan jangka panjang dengan terbentuknya unit-unit usaha akan meningkatkan pendapatan yang lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para anggota yang ada.
VISI
         Visi KSU Profesional adalah :
         Meningkatkan Peran serta anggota dalam berkoperasi untuk mendukung terbentuknya dunia usaha yang produktif sehingga dapat mewujudkan Kesejahteraan dan Keadilan Ekonomi serta Kemandirian Usaha bagi Anggota KSU Profesional.

MISI
         Misi KSU Profesional adalah sebagai berikut :
a.       Mengoptimalkan dan memberdayakan asset-aset ekonomi para anggota Koperasi untuk disernergikan dalam suatu pemberdayaan ekonomi Koperasi sehingga membentuk sistem perekonomian yang kuat dan tanggung dalam memenangi persaingan dunia usaha.
b.      Meningkatkan kesadaran seluruh anggota akan manfaat bersama pentingnya koperasi melalui pendidikan perkoperasian.
c.       Membentuk Unit-unit Usaha Produktif yang sehat dan mandiri dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh anggota KSU Profesional.
d.      Meningkatkan produktivitas dan daya saing yang tinggi dengan mengembangkan sinergi dan partisipasi seluruh anggota dalam mengelola unit-unit usaha KSU Profesional.
e.       Membuktikan bahwa sistem perekonomian koperasi adalah sistem ekonomi pemberdayaan masyarakat yang terbaik sehingga koperasi dapat meberikan citra yang positif  bagi kendala keterbatasan multidemensi untuk meningkatkan pendapatan yang pada akhirnya dapat memperbaiki kesejahteraan anggota Koperasi yang lebih baik.
f.       Memantapkan KSU Profesional sebagai sebuah perusahaan dengan jati diri koperasi  melalaui penyelenggaraan sistem ekonomi kerakyatan.
g.      Berperanserta membantu Pemerintah untuk menjalankan program-program pemberdayaan sehingga koperasi berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMENTAR ANDA